Selasa, 15 Desember 2015

Microsoft Word (MS Word)

0 komentar
Microsoft Word (MS Word) adalah program untuk mengolah kata. Program ini umumya digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, surat kedinasan, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya.
MEMULAI MICROSOFT WORD.
Untuk memulai menjalankan program microsoft word? Silakan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
  2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office
  3. Pilih Microsoft Office Word 2007.
Ø  Title Bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan, atau menyembunyikan jendela program, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore, dan Close.
Ø  Office Button berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen seperti membuat dokumen baru (New), membuka dokumen (Open), menyimpan dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), dan sebagainya.
Ø  Quick Access Toolbar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternative penggunaan perintah yang sering digunakan.
Ø  Menu Bar/ Tab berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh, pada menu Home terdapat submenu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing yang didalamnya berisi perintah-perintah sesuai kategorinya.
Ø  Ribbon berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Menu Bar.
Ø  Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen.
Ø  Status Bar adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan.
Ø  View Toolbar berisi pengaturan jenis tampilan dokumen, antara lain:

  • Print Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima pada saat dicetak (default).
  • Full Screen Reading: memberikan tampilan halaman penuh.
  • Web Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser.
  • Outline: memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen.
  • Draft: memberikan tampilan yang berkelanjutan (menggabungkan seluruh halaman seperti dalam satu gulungan).
*       TATA CARA PENULISAN Pada Microsoft Word 2007.
Ø tekan tombol Caps Lock   : Untuk pengetikan dalam huruf besar semua,
Ø  tekan tombol Backspace  : Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kiri.
Ø  tekan tombol Delete         : Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kanan.
Ø  tekan tombol Enter           : Untuk menurunkan kursor ke baris berikutnya.
Ø tekan tombol Tab              : Untuk Mensejajarkan Titik Dua/Atur Jarak.
Ø tekan tombol Spacing        : Untuk memberikan spasi pada suatu kata atau kalimat.
Ø tekan tombol Home           : Untuk menuju ke awal kalimat teks.
Ø tekan tombol End               : Untuk menuju ke akhir kalimat teks.
Ø tekan tombol Num Lock    : Untuk mengaktifkan tombol angka keyboard sebelah kanan.

Cara Block Teks/Kalimat ada 2 Cara :
Dengan Mouse.
  • Klik kiri tanpa dilepas (drag ) pada awal kata / kalimat yang akan diblock
  • Seret penunjuk mouse hingga ke akhir kata / kalimat yang akan diblock
  • Lepas klik mouse tersebut
     Dengan Keyboard.

  • Tempatkan kursor/titik sisip pada awal kata / kalimat yang akan diblock
  • Tekan tombol Shift sambil menekan tanda panah ( –> ) ke awal kata / kalimat.
*       TOMBOL TOOLBAR YANG PALING SERING DIGUNAKAN UNTUK TINGKAT DASAR, Yaitu :
Toolbar : Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program
*       Cara Pengaturan PERATAAN TEKS.
Ø Align Left (Ctrl + L)          : Perataan teks sebelah kiri.
Ø Center (Ctrl + E)               : Perataan teks di tengah.
Ø Align Right (Ctrl + R)       : Perataan teks sebelah kanan.
Ø Justify (Ctrl + J)                : Perataan teks sebelah kiri dan kanan
Ø Bolt (Ctrl+B)
Untuk menambahkan efek cetak tebal pada bagian teks yang diseleksi.
Ø Italic (Ctrl+I)
Untuk menambahkan efek cetak miring pada bagian teks yang diseleksi.
Ø Underline (Ctrl+U)
Untuk menambahkan efek garis bawah pada bagian naskah yang diseleksi.
Ø Font (Ctrl+Shift+F)
Untuk mengubah jenis huruf pada teks atau paragraph yang diseleksi. 
Ø Font Size (Ctrl+Shift+P)
Untuk mengubah ukuran huruf pada bagian naskah yang diseleksi. Atau mengubah ukuran dengan keyboard Ctrl+] untuk memperbesar dan Ctrl+[ untuk memperkecil.
Ø Decrease Indent
Untuk Menggeser sekelompok Teks ke Kanan.
Ø Increase Indent
Untuk Menggeser sekelompok Teks ke Kiri
Ø  MENYIMPAN KETIKAN/DOKUMEN
1.       Klik button Save pada Toolbar atau bisa langsung menggunakan keyword dengan menekan Ctrl + S.
2.       Ketiklah nama file pada bagian File name.
3.       kemudian tekan tombol Save.
Ø MENUTUP DOKUMEN
Klik office button dan pilih Close.
Ø MEMBUKA DOKUMEN
1.       klik Office Button dan pilih Open,
2.       lalu klik file yang akan dibuka
3.       kemudian tekan button Open
*       MEMBATALKAN PERINTAH.
Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan, pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan: 

Ø Undo (Ctrl + Z) : Membatalkan pengeditan.
Ø Redo (Ctrl + Y) : Membatalkan pembatalan pengeditan
*       ADA 3 CARA MEMBUAT GARIS YANG PALING SERING DIGUNAKAN PADA NASKAH KETIKAN.
Ø  Dengan UNDERLINE             : Untuk Membuat Garis Sebatas Huruf/Kalimat.
Ø  Dengan LINE(AutuShapes)     : Untuk Membuat Garis yang tidak bias dibuat dengan Underline.
Ø  Dengan BORDER                    : Untuk Membuat Garis Kop Surat.
*       CARA MENGATUR JARAK ANTARA BARIS (SPASI).
Ø Klik icon Paragraph
Ø Klik Indent and Spacing
Ø Pada Line Spacing tentukan spasi/jarak baris yang diinginkan :
Single     : Untuk 1 spasi
1,5 lines : Untuk 1½ spasi
 Double   : Untuk 2 spasi
Ø Klik Ok.
Atau dengan cara lain :
Blok kalimat yang ingin diatur paragrafnya, Tekan tombol kombinasi:
Ø  tekan Ctrl + 1 (Single)           : Untuk 1 spasi
Ø  tekan Ctrl + 5 (1,5 lines)       : Untuk 1½ spasi
Ø  tekan Ctrl + 2 (Double)         : Untuk 2 spasi
*       CARA MERAPIKAN KETIKAN (INDENTASI
First Line Indent       : Untuk Menggeser Baris Pertama.
Hanging Indent          : Untuk Menggeser Baris Kedua dst.
Left Indent                  : Untuk Menggeser Semua Barisan.
*       CARA MENGEDIT/MERUBAH HURUF YANG SUDAH DIKETIKAN. (Change Case)

1. Blok kalimat / kata yang ingin dirubah format hurufnya.

2. Klik menu Home – Change Case
Ø Sentence case               : Mengubah kalimat pada teks dengan diawali huruf besar.
Ø lowercase                      : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf kecil.
Ø UPPERCASE                : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf besar.
Ø Title Case                      : Mengubah setiap awal kata dengan huruf besar.
Ø tONGLE cASE             : Mengubah setiap awal kata dengan huruf kecil
*       FORMAT FONT
Ø Striketrough
Untuk menambahkan efek garis tengah pada bagian naskah yang diseleksi.
Ø Subscript (Ctrl+=)
Untuk membuat bentuk penulisan teks dengan posisi di bawah garis dasar teks normal.
Ø Superscript (Ctrl+Shift++)
Untuk membuat bentuk penulisan teks dengan posisi di atas garis teks normal.
Ø Text Hightlight Color
Untuk menandai bagian naskah yang dianggap penting dengan warna yang dipilih.
Ø Font Colour
Untuk mengubah warna huruf bagian teks yang diseleksi.
*       CARA SETTING / MENGATUR HALAMAN MICROSOFT WORD

Ø Cara Mengatur Ukuran Kertas / Paper Size
Klik di SIZE, kemudian tentukan ukuran kertas yang di inginkan.
Jika tidak ada yang sesuai klik di More Paper Size Lalu Atur :
Contoh :  Ukuran Kertas A4/Quarto, atur pada  :
Width            : 8,5        (satuan Inci)
Height           : 11,70  (satuan Inci)
Ukuran Kertas F4/Folio, atur pada      :
Width            : 8,5        (satuan Inci)
Height           : 13,00  (satuan Inci)


Cara Mengatur Batas-Batas Pengetikan / Page Layout.
a. Klik Tab Margin
b. Pilih bentuk margin yang diinginkan
c. Jika tidak ada ukuran yang cocok, klik di Custom Margin, tentukan:
Top                         : Jarak antara sisi atas kertas dengan teks/naskah.
Bottom : Jarak antara sisi bawah kertas dengan teks/naskah.
Left                        : Jarak antara sisi kiri kertas dengan sisi kiri naskah.
Right                                       : Jarak antara sisi kanan kertas dengan sisi kanan naskah.
Orientation          : Pengaturan arah cetakan halaman dengan :
·         Portrait (memanjang) dan
·         Landscape (melebar).
*       MEMBUAT KETIKAN COLUMNS (KETIKAN KORAN)

1.    Block Teks/Huruf/Kalimat/Paragraf tersebut.
2.    Klik tab Page Layout.
3.    Klik icon Columns, Tentukan jumlah kolom yang kalian inginkan
Jika tidak ada yang sesuai klik di More Coloums, kemudian tentukan jumlah kolom.
- Number of columns : Menentukan jumlah kolom.
- Width                                                           : Menentukan lebar kolom
- Preview                                        : Melihat tampilan sementara
4.    Klik OK
*       CARA MEMBUAT ANGKA/HURUF/LAMBANG PADA KETIKAN URUTAN (Bullets and Numbering)
Membuat Urutan Angka//Huruf (Numbered):
  1. Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat numbered.
  2. Klik tab Home klik icon numbered
  3. Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet.
  4. Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
  5. Klik OK
Membuat Urutan Berbentuk Lambang (Bullets) :
  1. Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat Bullets.
  2. Klik tab Home klik icon bullet
  3. Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.
  4. Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet.
  5. Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
  6. Klik OK
*       CARA MENYISIP SIMBOL KHUSUS YANG TIDAK ADA DI KEYBOARD PADA NASKAH KETIKAN.
  1. Klik tab Insert klik icon Symbol.
  2. Pilih dan klik Symbol yang diinginkan.
  3. Selain itu juga bisa memilih alternatif Symbol yang lain dengan mengklik More Symbol.
*       CARA MEMBUAT BINGKAI/BORDER PADA HALAMAN KETIKAN (PAGE BORDERS)
  1. Klik tab Page Layout klik icon Page Border. 
  2. Pilih dan klik Page Border. 
  3. Lalu Atur :.
Setting None : Menghapus bingkai halaman.
Style             : Memilih bentuk garis bingkai halaman.
Color            : Memilih warna garis bingkai halaman.
Width           : Memilih ketebalan garis bingkai halaman.
Art               : Memilih jenis bingkai halaman.
Options        : Memberikan pilihan pada jarak bingkai.
Klik OK
CARA MEMBUAT / MENYISIP GAMBAR
*       MEMBUAT AUTOSHAPES
Ø Klik tab Insert Klik icon Shapes.
Ø Klik tanda panah kebawah.
Ø Pilih bentuk yang diinginkan.
Ø Letakkan penunjuk mouse diawal gambar.
Ø lalu drag (seret) sesuai dengan keinginan, lalu lepas drag-nya.
*       Hal Yang Sama Untuk Mengedit Semua Gambar (AutoShapes, WordArt dan ClipArt) adalah :

  1. Cara Mewarnai : Dasar Gambar, Garis Gambar.
  2. Cara Memutar Objek
  3. Cara Merubah Ketebalan/Bentuk Garis Gambar
  4. Cara Mengatur Letak Posisi Gambar
  5. Cara Membuat Efek 3 Dimensi (3D) dan Mewarnai 3 Dimensi.
  6. Cara Membuat Efek Bayangan (Shadow) dan Mewarnai Bayangan.
*       MEMBUAT WORD ART
Klik di icon WordArt
Klik tanda panah kebawah dan pilih disain WordArt.
Edit WordArt Text: Ketik teks pada kotak teks.
Font               : Memilih jenis huruf.
Size                : Memilih ukuran huruf.
B (Bold)         : Teks WordArt cetak tebal.
I (Italic)         : teks WordArt cetak miring
*       MEMBUAT CLIPART
Ø Klik icon ClipArt
Ø Pada Insert ClipArt, klik Clip Organizer dan.
Ø Pilih gambar yang ada, Lalu Klik perintah Copy dan tutup jendela
Ø Letakkan Titik Sisip di Lembaran Ketikan Lalu Klik perintah Paste
CARA MEMBUAT TABLE
*       Table/Tabel Terdiri dari :
 Columns    : Kolom
 Rows         : Baris
Cell            : 1 Kotak.
*       Cara Membuat Table/Tabel
  1. Klik tab Insert Klik icon Table
  2. Klik tanda panah kebawah dan tentukan jumlah baris dan kolom yang dibutuhkan.
Jika tidak ada bentuk kolom yang sesuai, klik Insert Table
Number of columns           : Tentukan jumlah kolom.
Number of rows                 : Tentukan jumlah baris
Klik OK
*       Fasilitas Pengolahan Tabel.
Kegunaan dari Tombol Toolbar pada Menu Tab Design dan Layout adalah :
Ø Draw Table                          : Menggambar kotak tabel.
Ø Insert                                     : Menyisip tabel, kolom, baris atau sel.
Ø Delete                                    : Menghapus tabel, kolom, baris atau sel.
Ø Select                                     : Memilih tabel, kolom, baris atau sel.
Ø Merge Cells                         : Menggabungkan sel.
Ø Split Cells                             : Membagi sel.
Ø Split Table                           : Membagi tabel.
Ø Table AutoFormat             : Memilih format tabel.
Ø Auto Fit                                                 : Mengepas kolom / baris otomatis.
Ø Hide Gridlines                    : Menyembunyikan garis bantu tabel.
Ø Table Properties                : Memodifikasikan tabel, kolom, baris atau sel
*       MEMBUAT TYPE SETTING MATEMATIS
Ø Klik tab Insert Klik icon Equation
Ø Klik tanda panah kebawah dan pilih jenis Equation yang anda inginkan
Ø Jika tidak ada yang cocok klik di Insert New Equation
Ø Ketik Equation yang anda inginkan
Ø Jika telah selesai klik sembarang tempat dalam lembaran kerja
CARA PRINT (Mencetak dokumen)
1.       Pilih dan Klik pada Office Button
2.       kemudian Pilih dan Klik Print (Ctrl+P). Terdapat 3 pilihan fitur tambahan, yaitu Print, Quick Print, dan Preview.
Fungsi-fungsi fitur tersebut adalah :
Ø Print (Ctrl+P): untuk mencetak dengan mengatur setting, misalnya jenis printer, halaman yang akan dicetak, jumlah copy cetakan, dan sebagainya.
Ø Quick Print: untuk mencetak dokumen secara cepat tanpa mengatur setting percetakan(secara default).
Ø Print Peview: untuk melihat terlebih dahulu hasil percetakan dokumen sebelum dicetak melalui printer.
3.       Pilih dan Klik OK.

0 komentar:

Posting Komentar